Vakum Lima Tahun, Stepforward Mulai Menggarap Album Terbaru

10 Juni 2016

Grup hardcore lawas asal Jakarta, Stepforward, mengungkapkan rencananya untuk kembali dari masa vakum selama lima tahun. Setelah terakhir beraksi pada 2011 lalu dalam gelaran Java Rockin’ Land, band yang saat ini diperkuat vokalis Jill, gitaris Ricky Siahaan, bassist Junas, dan penggebuk drum Fajar ini pada akhir Mei lalu kembali tampil untuk pertama kalinya di Manado.

Tidak hanya sekadar tampil di atas panggung, kali ini Stepforward berencana juga membuat materi-materi baru. Ketika dihubungi Rolling Stone melalui sambungan telepon pada Selasa (7/6) ini, Jill mengungkapkan bahwa ia dan rekan-rekan bandnya sudah memiliki lima lagu baru: “Angkara”, “Tak Pernah Mati”, “Solitaire”, “Camkan Memarku”, dan “Saksi Imaji”. Stepforward masih membutuhkan sekitar empat atau lima lagu lagi untuk melengkapi album studio kedua mereka.

“Sekarang ini memang sedang momentum, jadi kalau kami kehilangan [momentum] lagi, akan susah. Bulan puasa ini kami berencana workshop untuk album baru. Menurut pengalaman gue di Stepforward, membuat empat atau lima lagu itu nggak membutuhkan waktu yang lama karena kami sudah punya benang merahnya. Setelah melakukan proses rekaman, mixing, dan mastering, kami berharapnya akhir tahun ini bisa merilisnya,” ungkap Jill.

Beberapa kali masa vakum yang dialami Stepforward diakui Jill menambah hasratnya untuk bermusik kembali. Ia menceritakan harapannya bahwa kembali aktifnya band yang ia ikut dirikan pada 1995 silam ini akan berlanjut dan tidak vakum lagi.

“Gue merasa break-nya sudah terlalu lama. Ingin membuktikan lagi bahwa seperti ini lah musik hardcore. Nggak cuma ngerilis album terus menghilang lagi, tapi harus manggung dan sustainable. It’s been too long. Semoga dari manggung di Manado kemarin jadi lebih terpacu,” harap Jill.

Selama 21 tahun berdiri, Stepforward telah merilis album debut–dan satu-satunya album penuh–yang bertajuk Stories of Undying Hope pada 2001. Mereka diketahui juga pernah berpartisipasi untuk beberapa album kompilasi seperti Breathless pada 1997, Ticket To Ride pada 2000, Keep It United pada 2000, The Riot Compilation pada 2006, dan The Art of Metal pada 2007.



Baca juga
  »
10 Juni 2016
Jadwal Konser Jakarta Fair 2016
Jadwal konser jakarta fair tahun 2016

  »
10 Juni 2016
Mantan Drummer Siap Mendampingi Drummer Baru Burgerkill
Berdiri sejak 1995 lalu, Burgerkill adalah salah satu band metal Indonesia yang berhasil selamat dan justru semakin kuat meski sering terjadi bongkar pasang personel. Mereka para anggotanya yang mundur dari band metalcore asal Ujung Berung, Bandung, ini adalah drummer Kudung (1996), bassist Kimung (2000), gitaris Ugum (2003), drummer Toto (2005), dan mendiang vokalis Ivan ‘Scumbag’ (2006).

  »
18 Agustus 2015
Supergroup Vokalis Slipknot dan Lamb of God Akan Tampil untuk Pertama dan Terakhir Kali
Teenage Time Killers juga berisikan anggota dari Corrosion of Conformity, Municipal Waste, Sacred Reich, hingga Clutch

  »
14 Agustus 2015
Bon Jovi Wujudkan Penantian 20 Tahun Fans Indonesia!
Tak salah bila menyebut Bon Jovi sebagai salah satu band legendaris dunia. Eksistensi mereka yang dimulai sejak tahun 1983 seolah tak bisa hilang walau sudah puluhan tahun masuk ke industri musik dunia.

  »
14 Agustus 2015
Untuk Kelima Kalinya, Helloween Akan Menggempur Indonesia
Grup power metal veteran asal Jerman, Helloween, akan kembali tampil ke tanah air untuk kelima kalinya; sebelumnya mereka telah bermain di Stadium Jakarta dan Surabaya pada 2004, Tennis Indoor Senayan, Jakarta (2008), Ancol, Jakarta (2011), dan di Kukar Rockin' Fest 2013 di Tenggarong Kutai Kartanegara. Konser Helloween yang bertajuk The God-Given Right World Tour 2015 sedianya akan digelar di Hall Basket Senayan, Jakarta pada 22 Oktober mendatang akan dipromotori oleh Lian Mipro Music.